Selasa, 10 Februari 2015



Aram Banu
Born to Mariam Uz Zamani Begum SahibaOn December 22, 1584
Hidup sampai masa kepemerintahan Jahangir/ Sultan Salim
Tidak menikah hingga meninggalnya.

Aram Banu adalah anak favoritnya Kaisar Akbar, sekaligus yang paling kecil/muda. Ia dilahirkan saat usia Akbar 42 tahun. Akbar suka dengan sifatnya yang suka usil di waktu kecil.

Dia mewarisi sifat-sifat ibunya, Mariam Uz Zamani, dalam hal memiliki tingkat keercayaan diri yang tinggi, pandai menjawab pertanyaan yang diajukan padanya, bahkan dia lebih cerewet dan lebih lantang berbicara dibanding ibunya.

Dia selalu yakin pada pandangannya sendiri dalam setiap masalah.

Aram Banu adalah putri kesayangan Kaisar Akbar. Aram Banu juga mewarisi kecantikan ibunya. Aram kecil sangat mirip ibunya waktu kecil. Selalu gembira, cantik, usil, dan sembrono.

Sehingga dia dijuluki "KUPU-KUPU HAREM" karena selalu berlari kesana kemari. Selain cerdas dalam berbagai bidang, Aram Banu juga dikenal pandai menyair.

Akbar memanggilnya dengan panggilan “LADLI” yang artinya darling/ sayang. Di istana ia dipanggil dengan sebutan “Ladli Begum”.

Percakapan antara Jahangir/ Sultan Salim dengan Kaisar Akbar terkait Aram Banu berikut banyak sekali disebutkan dalam berbagai manuskrip sejarah.

Jahangir : "Wataknya yang paling menonjol adalah selalu penasaran dan penuh semangat. Ayah sangat menyayanginya. Sampai-sampai setiap kesalahannya tak tampak sebagai kesalahan di mata ayah. Dengan besarnya cinta padanya, Aram tak pernah terlihat buruk di mata ayah"

Kaisar : "Syekhu Baba!! Berjanjilah padaku, kau akan berbuat baik, seperti aku, setelah aku mati nanti, pada saudara perempuanmu, Ladli Begum. Jangan kau hukum dia karena kesalahan-kesalahan kecil atau kelalaiannya. Lupakan kesalahannya."

0 komentar:

Posting Komentar